Wednesday, October 12, 2011

Harga Batubara Acuan (HBA) Mei 2011 Turun Menjadi US$ 117.61/Ton

RABU, 11 MEI 2011 16:20 WIB

JAKARTA. Harga Batubara Acuan (HBA) bulan Mei 2011 yang ditetapkan Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara (Ditjen Minerba)-Kementerian ESDM turun menjadi US$ 117.61/ton, atau turun US$ 4.41/ton dari US$ 122.02/ton pada April 2011. HBA Mei 2011 melanjutkan tren penurunan HBA yang dimulai bulan Maret 2011 (US$ 122.43/ton) berlanjut ke April 2011 (US$ 122.02/ton).

HBA ini merupakan patokan untuk batubara dengan kualitas kalori sekira 6322 kkal/kg (gross as received). HBA menggunakan formula yang mengacu kepada rata-rata indeks ICI-1 (Indonesia Coal Index), Platts-1, NEX (Newcastle Export Index) dan GC (Newcastle Global Coal Index). HBA berlaku untuk harga harga spot (kontrak penjualan di bawah 12 bulan) dalam periode 1 Mei 2011 sampai dengan 31 Mei 2011.

Tren penurunan juga ditunjukkan oleh indeks Newcastle Global Coal Index pada bulan Januari 2011 sebesar US$ 129.29/ton konsisten turun hingga menjadi US$ 122.26 pada bulan April 2011. Turunnya harga batubara Australia menjadikan pasokan batubara Australia menjadi lebih kompetitif di pasaran Cina. Perbedaan harga antara batubara Australia yang dipasok ke Cina Selatan dengan pasokan lokal dari Pelabuhan Qinhuangdao makin tipis, demikian dikutip dari Bloomberg News (09/05/2011). (JS)

di kutip dari:


http://www.esdm.go.id/berita/batubara/44-batubara/4492-harga-batubara-acuan-hba-mei-2011-turun-menjadi-us-11761ton.html

1 comment:

  1. Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada MBAH BUDI HARTONO yang telah menolong saya dalam kesulitan ini tidak pernah terpikirkan berkat bantuan MBAH yang memberikan pesugihan dana gaib sebesar 1 miliar syukur alhamdulillah kini saya sudah bisa melunasi semua hutang-hutang saya yang ada di BANK sisanya untuk buka usaha kemarin saya takut mengikuti pesugihan ini takuk ada tumbal tapi mau di apa dengan kondisi yang tidak memunkinkan dan akhirnya saya coba minta tolong sama MBAH BUDI HARTONO dan dengan senang hati MBAH BUDI HARTONO membantu saya pesugihan dana gaibnya alhamdulillah semuanya bener-benar terbukti pesugihan dari MBAH ternyata aman tanpa tumbal karna saya sudah membuktikannya tidak ada resiko apapun dan baru kali ini saya menemukan dukun yang jujur yang bisa di percaya jangan anda takut untuk konsultasi jika anda ingin di bantu seperti saya terutama yang terlilit hutang lansung hubungi MBAH BUDI HARTONO di nomor hp 085-256-077-899 untuk info lebih jelasnya buka blog MBAH silahkan klik disini-> PESUGIHAN DANA GAIB TANPA TUMBAL

    ReplyDelete